CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Halaman

Minggu, 30 September 2012

Taman Sakura Cibodas, West Java, Indonesia

      Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahan Sakura. Di Kebun Raya Cibodas, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret. Di Kebun Raya Cibodas telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata. Sekarang kita bisa menikmati `hanami`(tradisi melihat bunga) tanpa harus pergi ke Jepang dengan melihat mekarnya bunga Sakura di Cibodas.
       Konsep kawasan Taman Sakura di lahan seluas sekitar 2 hektare itu, merupakan kombinasi budaya Jepang dengan arsitektur Sunda (Jawa Barat).Kombinasi ini terlihat dengan dibangunnya gazebo. Tanpa menghilangkan ciri khas bangunan Jepang, lantai bagian bawah gazebo tersebut dibangun dengan pola hexagonal (delapan sudut) sebagai ciri khas bangunan Jepang. Sementara atap bangunan atasnya dikonsep ala rumah khas Jawa Barat.
 
      Bunga sakura yang saat ini tumbuh di Taman Sakura KRC-LIPI tidak semuanya diambil langsung dari Jepang. Dengan sistem stek, KRC-LIPI berhasil mengembangkan bunga sakura yang didatangkan dari Himalaya. Dulu, saat dimulai pembangunan Taman Sakura, mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, yang dikenal peduli lingkungan hidup, berkesempatan menanam langsung bunga sakura di areal tersebut. Berminat untuk mencobanya? Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kampung Rarahan, Desa Cibodas.
 

0 komentar:

Posting Komentar